Selasa, 07 Oktober 2014

Waktunya Saksikan Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014

  Purnama yang muncul Rabu (8/10) besok bukanlah purnama seperti biasanya. Purnama ini langka. Bulan diperkirakan akan berwarna lebih gelap dibandingkan purnama-purnama lainnya.

   Kondisi itu terjadi karena saat bulan purnama terbit di ufuk timur di seluruh Indonesia sudah mengalami gerhana.

   Untuk mengamati gerhana bulan total (GBT) yang terjadi saat terjadi saat Bulan terbit besok, dibutuhkan daerah yang memiliki arah pandang langsung ke horizon timur tanpa terhalang.

   Untuk pengamatan di pusat Kota Jakarta, misalnya, salah satu tempat pengamatan yang potensial adalah atas gedung-gedung tinggi.

   Momen Gerhana Bulan Total dapat disaksikan hampir di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di Banda Aceh. Hampir di seluruh wilayah Indonesia Bulan terbit sebelum momen GBT 8 Oktober 2014 berakhir, kecuali di Aceh, bulan terbit di Aceh setelah GBT berakhir, namun masih bisa menyaksikan momen akhir gerhana sebagian.

Prakiraan kronologi GBT 8 Oktober sebagai berikut.

Waktu Terbit Bulan

Kota Jayapura, Papua         17.20 WIT
Kota Ambon, Maluku            18.13 WIT
Kota Makassar, Sulsel          17.50 WITA
Kota Denpasar, Bali              18.09 WITA
Kota Balikpapan, Kaltim        17.59 WITA
Kota Surabaya, Jatim            17.19 WIB
Kota Jakarta, DKI Jakarta      17.43 WIB
Kota Medan, Sumut               18.12 WIB
Kota Banda Aceh, Aceh         18.25 WIB

Tahap-Tahap Gerhana :

BULAN MASUK PENUMBRA :
Bulan memasuki penumbra Bumi dengan fase gerhana bulan penumbra mulai, pada 15.14 WIB. Warna Bulan masih terlihat kuning cerah, perubahan warna sukar teramati.

GERHANA SEBAGIAN MULA :
Bulan memasuki umbra Bumi dengan fase gerhana bulan sebagian mulai, pada 16.15 WIB. Sebagian piringan Bulan mulai tampak gelap.

GERHANA TOTAL MULAI :
Seluruh Bulan memasuki umbra Bumi dengan fase gerhana bulan total mulai, pada 17.25 WIB. Seluruh piringan Bulan berwarna gelap.

GERHANA :
Bulan tepat di tengah umbra Bumi (fase puncak gerhana), pada 17.55 WIB. Perubahan warna Bulan paling mencolok, Bulan akan menjadi oranye hingga merah gelap (merah bata).

AKHIR GERHANA TOTAL :
Bulan mulai keluar umbra Bumi dengan fase gerhana bulan total berakhir, pada 18.24 WIB. Bulan mulai berubah warna lebih terang lagi.

GERHANA SEBAGIAN AKHIR :
Seluruh Bulan keluar umbra Bumi dengan fase gerhana bulan sebagian selesai, pada 19.34 WIB. Perubahan warna Bulan sulit diamati.

BULAN TINGGALKAN PENUMBRA :
Seluruh Bulan keluar penumbra Bumi dengan fase gerhana bulan penumbra selesai, pada 20.34 WIB. Warna Bulan kembali kuning cerah.

*sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/10/waktunya-saksikan-gerhana-bulan-total-8-oktober-2014