Rabu, 29 Oktober 2014

Berita hoax dari pesan Broadcast BBM hoax

   Barusan ane lagi dijalan, trus tiba-tiba BBM ane bunyi, pas sampe rumah trus ane cek, rupanya sebuah pesan siaran alias broadcast. Isinya seperti berikut :

Tolong beritahukan anak2 , suami, isteri dan semua teman2 mu
Perhatian ; Mulai saat ini jangan makan makanan kaleng2an ,terutama buah2an , khususnya produksi Thailand. Karena di negara ini ada kira2 dua ratus orang pengidap aids kerja di pabrik kalengan, dan mereka masukkan darah mereka ke dalam kalengan2 itu , dan saat ini masalah tersebut telah diketahui DepKes Thailand sehingga kaleng2an tersebut telah banyak di sita ttpi lebih banyak yg sdh terlajur diekspor. Contoh ; Lecy , rambutan , lengkeng , mangga puding , dll. Setelah terima bbm ini cepat kirim ke saudar2 n teman2mu semua. Agar ťίδαĸ konsumsi kalengan apapun...... Demi keselamatan kita semua.      (Rita Toisuta Arifson Kementrian Kesehatan RI).

   Ane penasaran sama berita ini, bener apa nggak. Lalu ane browsing di internet, ane baca di detiknews rupanya ini hanya berita hoax yang udah lama beredar (silahkan kunjungi http://m.detik.com/health/read/2014/06/05/164751/2601046/763/beredar-kabar-virus-aids-di-makanan-kalengan-bpom-itu-hoax )

   Berita seperti ini sering kali di sebar lewat BBM atau media sosial, ada baiknya di cek dulu dan diselidiki kebenarannya sebelum kita menyebarkan berita ataupun informasi seperti ini. Bisa saja nanti informasi itu malah meresahkan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar