Jumat, 21 November 2014

Tips : Tetap fit saat musim pancaroba maupun saat demam.

Assalammu'alaykum wr.wb.

   Sekarang sudah penghujung tahun, seperti biasanya, saat penghujung tahun begini musim penghujan sedang berlangsung. Biasanya juga saat musim hujan atau pancaroba banyak orang yang mengalami masalah dengan daya tahan tubuh dan terkena penyakit seperti flu maupun demam.

   Saya yakin sobat pasti juga pernah mengalami sakit seperti itu, and i know that feel. Tapi kali ini saya tidak akan curhat tentang hal itu, saya akan memberi saran sesuai dengan pengalaman saya kepada sobat semua.

   Saat flu atau demam biasanya kita cenderung akan merasa lemas dan malas untuk bergerak, walaupun sudah minum obat kebanyakan orang akan tetap malas-malasan dan menurut saya hal ini hanya akan memperburuk keadaan serta memperlambat proses penyembuhan. Tapi di sisi lain, pekerjaan atau aktivitas kita tidak boleh terbengkalai, harus dilakukan dengan segera. So, what should i do????

   Oke langsung saja, berikut beberapa hal yang saya lakukan ketika demam :

1. Tetap beraktivitas.
   Tetap lakukan aktivitas atau kegiatan sobat seperti biasa disiang hari, tapi jangan lupa siapkan jaket agar sobat tidak kedinginan ketika berada diluar dan jas hujan untuk persiapan seandainya terjadi hujan ketika sobat diluar.

2. Banyak minum air putih.
   Biasanya suhu tubuh cenderung akan meningkat ketika sobat flu atau demam. Jadi air putih akan membantu menurunkan suhu tubuh sobat dan membantu membasahi kerongkongan yang biasanya kering.

3. Tetap jaga pola makan.
   Saat demam biasanya selera makan juga akan menurun, dan hal ini juga hanya akan memperburuk keadaan. Jadi tetap jaga pola makan sobat walaupun sakit. Kalau biasanya pola makan sobat belum teratur ini saatnya untuk mengubahnya.

4. Makan buah yang mengandung vitamin C.
   Makan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk akan membantu mempercepat proses penyembuhan dan membuat tubuh tetap fit.

5. Jangan lupa olahraga.
   Olahraga yang saya maksud adalah olahraga yang melibatkan semua/sebagian besar otot di tubuh sobat. Kalo sobat menggerakkan semua bagian tubuh saat olahraga maka tubuh akan terasa lebih fit. Contohnya lari(suttle run akan lebih bagus), pull up, chin up, push up. Biasanya saya menambah gerakan melompat untuk push up, chin up dan pull up agar otot kaki juga bergerak. Atau kalo memumgkinkan saya langsung berlatih parkour.

6. Jangan berpikir kalo sobat lemes.
   That's the most important thing. Jangan merasa lemas dan tidak fit, tanamkan dalam fikiran sobat kalo sobat merasa bugar, paksakan diri sobat untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang saya sarankan diatas. Sebagian besar perasaan malas dan lemas berasal dari pikiran sobat sendiri, jadi jangan pernah berpikir kalo sobat lemas.

7. Jangan lupa sholat(bagi sobat yang muslim).
   Sholat 5 waktu adalah kewajiban bagi kita sebagai seorang muslim. Dengan sholat sobat akan secara tidak langsung kembali merasa fit, karena gerakan dalam sholat juga melibatkan semua bagian tubuh, jadi dapat pahala dan juga dapat manfaat kesehatan.

   Itu beberapa hal yang saya lakukan kalo lagi merasa sakit atau lemas, kegiatan diatas biasanya bisa membuat tubuh saya kembali merasa fit dan bugar, biasanya juga demam akan sembuh dalam sehari, atau mungkin kurang.

   Buat sobat yang mungkin lagi merasa tidak fit boleh mencoba saran dari saya, kalo sobat berkenan boleh tinggalkan komentar ^_^