Sabtu, 22 November 2014

JOMBLO? JONES? Makanan dari mana tuh?

   Assalammu'alaykum wr.wb.

   Sejak tahun 2000-an atau mungkin sejak 2010-an kayaknya kata JOMBLO udah sangat sering kita dengar. Apalagi buat sobat yang memamg jomblo, buka fb dikatain jomblo, buka twitter dibilang jomblo lagi, apalagi kalo liat di page meme comic indonesia, heboh banget kayaknya nih kata jomblo. Kalo nih kata punya hak paten pasti udah kaya banget tuh orang yang nemuin atau yang nyiptain kata jomblo.

   Eh tapi tunggu dulu, ada yang tau ga siapa yang nyiptain kata jomblo? Atau siapa yang pertama kali bilang kata jomblo? Kayaknya ga ada yang tau ya.

   Tapi jadi penasaran juga sama asal usul kata JOMBLO ini. Asalnya dari mana ya? Nah karena penasaran ane coba cari di google deh, dan nemu deh sekian banyak artikel tentang hal ini(ternyata banyak yang penasaran juga :-D ).

   Menurut beberapa artikel yang ane baca kata JOMBLO berasal dari kata JOMLO dalam bahasa sunda(katanya dalam KBBI juga ada kata ini), yang artinya wanita tua. Tapi dalam hal ini wanita tua yang dimaksud adalah wanita tua tapi belum menikah. Nah dalam pemakaiannya akhirnya arti kata ini meluas, bukan cuma digunakan untuk menyatakan wanita tua yang belum menikah,tapi juga digunakan untuk menyebutkan cowok atau cewek yang ga punya pacar.

   Tapi kok bisa jadi ada huruf "B" nya? Ini mungkin cuma pengaruh dari penyebutan aja, soalnya kalo kita bilang kata JOMLO kan mulut atau bibir rasanya rada aneh gimana gitu, bunyinya juga agak sedikit aneh sih.

   Oh itu toh rupanya, trus ada lagi tuh kata satu lagi yang juga heboh, JONES. Apaan lagi tuh? Nah kalo kata JONES ini adalah singkatan dari kata JOmblo ngeNES. Kalo ini mah kayaknya ga usah dijelasin hahahah :-D .

   Tapi kok bisa ya kata ini terkenal? Dan kayaknya akhir-akhir ini dianggap memalukan?

   Kalo menurut ane sih hal ini terjadi karena pengaruh budaya luar yang masuk ke indonesia melalui film dan di indonesia juga digambarkan melalui sinetron, jadi mungkin banyak anak muda yang berpikir kalo udah umur 17 tahun tapi masih tidak punya pacar itu menandakan kalo mereka ga laku, atau mungkin ga keren.

   Padahal menurut ane kalo ga pacaran pun ga mati, ga punya pacar malah lebih bebas buat mengatur diri sendiri dan mengembangkan diri, toh kalo kasih sayang juga kita udah dapat dari orangtua kita, ya kan? Lebih tulus malah.

   Aduh ini artikel kayaknya udah kepanjangan, nanti malah bisa-bisa jadi curhat :-D . Oke sobat sekian artikel kali ini, makasih udah mampir ke blog ane. Assalammu'alaykum.