Rabu, 20 Agustus 2014

Six pack gak harus ngeGYM kali


   Akhir akhir ini sepertinya sebagian besar orang mulai menyadari pentingnya bentuk  tubuh yang ideal, baik itu untuk menunjang penampilan maupun sebagai tolak ukur kesehatan seseorang
   Biasanya sebagian besar orang yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pergi olahraga ke pusat pusat kebugaran ataupun menjadi member fitness
   Tapi sebenarnya ada beberapa gerakan sederhana yang bisa kita lakukan di rumah atau di lingkungan kita sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya, antara lain :

1. Push up
   Push up merupakan salah satu gerakan senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep, dan juga bisa membentuk otot dada

   Cara melakukan push up :
- Pertama kita ambil posisi telungkup di lantai
- lalu letakkan tangan di depan dada dengan telapak tangan menekan ke lantai
- coba untuk mengangkat tubuh dengan meluruskan tangan dan tekan terus ke lantai
- setelah tangan benar benar lurus turunkan lagi pelan pelan, tapi jangan sampai menyentuh lantai
- ulangi gerakan yang sama, jumlahnya sesuaikan saja dengan kemampuan

Note : kalau dada terasa berkontraksi atau tegang saat melakukan push up itu artinya push up sudah benar

2. Sit up
   Setelah melatih dada dan lengan akan lebih bagus kalau kita juga melatih otot perut, salah satu latihan otot perut yang simpel adalah sit up

   Cara melakukan sit up :
- ambil posisi duduk di lantai dengan lutut sedikit ditekuk ke atas sampai telapak kaki menapak dengan bagus
- lalu miringkan tubuh ke belakang seperti akan berbaring, jangan sampai menyentuh lantai
- tarik lagi tubuh ke atas sampai hampir tegak, lalu turunkan lagi
- lakukan berulang ulang sampai beberapa kali
- lakukan beberapa set, sesuaikan dengan kemampuan

3. Pull up
   Setelah mendapatkan otot dada, lengan, dan perut akan lebih bagus lagi kalau kita juga melatih otot punggung
   Salah satu caranya adalah dengan pull up, untuk melakukan gerakan ini kita akan membutuhkan palang atau bar, bukan bar tempat mabuk ya :-D
 
   Caranya :
- genggam palang atau bar dengan telapak tangan mengarah ke depan atau biasa disebut overhand grip
- lalu tarik tubuh ke atas hingga palang sejajar dagu atau sedikit dibawah dagu
- turun lagi dengan perlahan
- lakukan gerakan tersebut berulang ulang, sesuaikan dengan kemampuan

4. Lari
   Setelah tubuh bagian atas, sekarang saatnya kita melatih tubuh bagian bawah, lari bisa menjadi pilihan yang bagus, berlari akan melatih otot kaki baik betis maupun paha, dan lari juga bisa mengecilkan perut dan meningkatkan stamina
   Dengan berlari juga bisa membuat kita lebih kenal dengan lingkungan sekitar kita, tentunya bukan dengan berlari di treadmill ya :-D

5. Squat
   Nah gerakan sederhana ini bisa menjadi pilihan apabila kita tidak punya tempat yang cukup untuk berlari, squat bisa melatih dan membentuk otot paha apabila dilakukan dengan rutin
  
   Caranya :
- berdiri tegak dengan kaki selebar bahu
- silangkan tangan didepan dada atau taruh di samping kepala
- busungkan dada dan lutut sedikit ditekuk
- lakukan jongkok, tapi jangan sampai benar2 full
- berdiri lagi kembali seperti posisi awal dengan lutut sedikit ditekuk
- lakukan berulang ulang sesuai kemampuan

   5 gerakan diatas apabila dilakukan dengan rutin dan porsinya ditingkatkan terus maka dalam beberapa bulan hasilnya akan mulai kelihatan

   Jadi tunggu apalagi, ayo kita bergerak sekarang :-D

*gambar : frank medrano